8 Teknologi Tren Teratas di 2020 yang Perlu Anda Pelajari -->

8 Teknologi Tren Teratas di 2020 yang Perlu Anda Pelajari

Sabtu, 12 September 2020, September 12, 2020

Teknologi Tren: Pendahuluan

Teknologi terus-menerus diperbarui dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga tampaknya lebih cepat daripada cahaya! Teknologi atau bahasa pemrograman yang beredar minggu ini mungkin akan usang beberapa hari ke depan! Karena semakin banyak dana yang diinvestasikan dalam penelitian dan pengembangan, ilmuwan dan profesional komputer terus mengubah dan meningkatkan teknologi yang ada untuk mendapatkan hasil maksimal dari mereka.
Hasilnya, bahasa pemrograman, pustaka, patch, atau plugin baru dirilis hampir setiap jam. Untuk mengikuti laju perkembangan yang gila ini, Anda harus terus mempelajari konsep teknologi terbaru . Kami akan melihat teknologi paling trending yang harus Anda pelajari. Pelajari tentang keterampilan terbaik untuk belajar mendapatkan pekerjaan.

Teknologi T rends terbaru tahun 2020

Mempelajari dan meningkatkan keterampilan Anda sangat penting di era teknologi ini. Ini membantu Anda mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tertinggi di bidang pilihan Anda. Dan jika Anda sudah menjadi profesional, mempelajari teknologi dan alat baru akan membawa Anda satu inci lebih dekat ke promosi yang selalu Anda impikan. Memperluas perlengkapan Anda juga meningkatkan nilai Anda sebagai seorang profesional di perusahaan Anda.
Berikut adalah beberapa teknologi trending terbaru  yang pasti akan mendominasi industri IT pada tahun 2020 dan tahun-tahun mendatang - 

1. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (AI) adalah teknologi yang digunakan untuk melengkapi sistem komputer dengan kemampuan membuat keputusan seperti manusia. Menjadi salah satu teknologi yang sedang tren, ketika program AI dimasukkan ke sistem, tujuannya adalah untuk meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti pengenalan pola, pengenalan ucapan, ramalan cuaca, dan diagnosis medis.
AI digunakan dalam aplikasi berbasis navigasi seperti Uber, asisten suara seperti Siri, layanan streaming video seperti Netflix, perangkat IoT, dan di mesin pencari seperti Google dan Bing. AI membantu dalam mengotomatiskan tugas-tugas seperti lalu lintas, menjadwalkan kereta, membuat prediksi bisnis, dan merancang mobil tanpa pengemudi!
Pada tahun 2030, otomatisasi AI diharapkan dapat menciptakan lebih dari 70 juta pekerjaan. Fakta yang menyedihkan adalah bahwa AI dapat menghapus lebih dari 23 juta pekerjaan dalam jangka waktu yang sama. AI akan menciptakan pekerjaan di berbagai bidang seperti pengujian, dukungan, pemeliharaan, pemrograman, dan ilmu data. Pengembang perangkat lunak yang mengetahui AI menghasilkan lebih banyak daripada pengembang yang tidak .
Jadi, mempelajari AI akan membantu Anda mengamankan pekerjaan seperti 
  • Insinyur Pembelajaran Mesin
  • Ilmuwan Data
  • Insinyur Visi Komputer
  • Pengembang Business Intelligence
  • Analis data

2. Ilmu Data

Selanjutnya dalam daftar konsep teknologi terbaru tidak mengherankan Data Science . Ilmu Data adalah teknologi yang membantu memahami data yang rumit. Anda tahu bahwa data diproduksi dalam jumlah yang sangat besar setiap hari oleh perusahaan. Ini termasuk data bisnis, data penjualan, informasi profil pelanggan, data server, dan angka keuangan. 
Sebagian besar data ini dalam bentuk kumpulan data besar yang tidak terstruktur. The peran ilmuwan data yang adalah untuk mengkonversi set data tidak terstruktur ke dalam dataset terstruktur. Kemudian, kumpulan data ini dapat dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan tren. Pola ini berguna untuk memahami kinerja bisnis perusahaan, retensi pelanggan, dan bagaimana area ini dapat ditingkatkan.
Gaji rata - rata seorang Data Scientist adalah $ 117,345 / thn . Tidak heran Harvard Business Review menyebutnya sebagai " pekerjaan terseksi di abad ke-21 " . Tetapi untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini, Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang matematika, statistik, ilmu komputer, dan pemrograman. Pelajari lebih lanjut tentang gaji data scientist di India.
Ruang lingkup ilmu data masa depan cerah yang akan menciptakan peluang untuk peran karir berikut:
  • Ilmuwan Data
  • Arsitek Data
  • Manajer Kecerdasan Bisnis
  • Insinyur Data
  • Analis data
  • Analis Bisnis

3. Internet of Things

IoT (Internet of Things) adalah jaringan perangkat yang terhubung satu sama lain. Perangkat mereka dapat berinteraksi dan berbagi data satu sama lain. Perangkat ini mungkin terhubung melalui WiFi, dan mereka berbagi data tentang lingkungan mereka dan bagaimana mereka digunakan. Perangkat ini memiliki chip komputer yang memfasilitasi pertukaran ini.
Diperkirakan lebih dari 41 miliar perangkat yang didukung oleh IoT akan digunakan pada tahun 2025 .
IoT tidak hanya memungkinkan koneksi antar perangkat yang berbeda tetapi juga akses jarak jauh mereka. Misalnya, Anda mengunci pintu mobil dari jarak jauh, panaskan oven dan geyser Anda. FitBit yang Anda gunakan untuk melacak jumlah kalori yang Anda bakar juga menggunakan teknologi IoT. Chip IoT yang disematkan pada mesin membantu bisnis untuk menilai kinerja mesin tersebut dan membantu dalam pemeliharaannya. Pelajari tentang aplikasi IoT dunia nyata pada tahun 2020.
Mempelajari teknologi terbaru ini akan membantu Anda menemukan pekerjaan seperti:
  • Pengembang Perangkat Lunak IoT
  • Insinyur Desain Sistem
  • Manajer Produk IoT
  • Pengembang Riset IoT 
  • Arsitek Solusi IoT

4. Blockchain

Blockchain adalah teknologi dasar yang memberdayakan mata uang elektronik seperti Cryptocurrency . Secara sederhana, Blockchain adalah buku besar elektronik yang dapat dibagikan di antara pengguna yang berbeda. Ini membantu dalam membuat catatan transaksi yang tidak dapat diubah. Masing-masing catatan ini diberi cap waktu dan ditautkan ke yang sebelumnya. 
Dapatkan whitepaper gratis kami!
Kantong penuh untuk belajar Pendidikan Online
Unduh sekarang
Jadi setiap kali transaksi baru ditambahkan ke buku besar, itu disimpan sebagai blok lain dalam rantai transaksi - karena itulah namanya. Blockchain diperbarui setelah berbagai pihak yang berkontribusi pada buku besar setuju. Setelah data baru dimasukkan ke dalam blok, itu tidak dapat dihapus. Ini membuat teknologi dapat diverifikasi dan aman.
Validasi transaksi ini membantu perusahaan mengurangi biaya karena tidak ada pihak ketiga yang harus dibayar. Sistemnya sangat aman dan tidak perlu membayar untuk entitas terpusat, karena teknologinya sudah terdesentralisasi. Transaksi lebih mudah dilacak menggunakan Blockchain. 
Ada  peningkatan karir di Blockchain dan itu akan menciptakan posisi pekerjaan yang berbeda sebagai berikut:
  • Pengembang Blockchain
  • Insinyur Kualitas Blockchain
  • Konsultan Hukum atau Pengacara Blockchain
  • Insinyur Blockchain

5. Otomasi Proses Robotik (RPA)

Robotic Process Automation (RPA) adalah teknologi yang digunakan untuk mengotomatiskan tugas sehari-hari, mirip dengan kecerdasan buatan. Di sini, perangkat lunak digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang seperti menangani dan membalas email, memproses transaksi, dan menangani data bisnis.
Teknologi ini digunakan untuk mengotomatiskan tugas untuk karyawan tingkat rendah hingga pejabat yang lebih tinggi. RPA dapat mengotomatiskan lebih dari 40% tugas harian. Menurut McKinsey, lebih dari 60% dari semua tugas berulang dapat diotomatisasi sebagian menggunakan RPA. Jadi, teknologi ini akan mengancam banyak pekerjaan.
Di sisi lain, teknologi terbaru ini juga akan menciptakan banyak lapangan kerja di bidang otomasi. 
Vendor paling populer yang menyediakan alat RPA adalah Pega Systems, Blue Prism, UiPath, Automation Anywhere, dan WorkFusion. Perusahaan seperti Accenture, Deloitte, dan Capgemini menggunakan alat RPA untuk mengotomatiskan operasi harian mereka. Jadi, permintaan sangat besar untuk para profesional yang ahli dalam RPA. 
Peran pekerjaan RPA yang berbeda adalah sebagai berikut:
  • Pengembang RPA
  • Analis Bisnis RPA
  • Konsultan RPA
  • Arsitek Solusi RPA
  • Manajer Proyek RPA
Ketahui lebih banyak: Apa itu Otomasi Proses Robot?

6. Realitas Virtual

VR adalah teknologi yang dengannya Anda dapat membenamkan diri dalam lingkungan yang tampak sangat realistis. Ini adalah penggunaan teknologi komputer untuk menciptakan lingkungan simulasi. Ini sangat populer digunakan untuk bermain game komputer. Tidak seperti game tradisional di mana Anda mengalami lingkungan game dengan melihatnya di layar, Anda langsung ditempatkan di lingkungan tersebut!
Indra seperti sentuhan, pendengaran, penciuman, dan penglihatan disimulasikan dalam lingkungan ini. Menggunakan perlengkapan VR seperti headset, Anda dapat berjalan-jalan dan memainkan game di dunia 3D tersebut. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan lingkungan virtual ini.
Pemain utama di bidang ini adalah Oculus Rift Facebook, PlayStation VR (PSVR) Sony, dan HTC Vive.
Teknologi VR tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga digunakan oleh Angkatan Laut AS dan Penjaga Pantai untuk staf pelatihan. Mereka menggunakan game VR bernama VirtualShip . AR dan VR digunakan oleh dokter saat melakukan operasi. Pengunjung di taman hiburan atau museum juga dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman mereka. 
Industri VR diperkirakan akan mencapai hampir $ 40 miliar pada tahun 2021. Berikut adalah beberapa posisi pekerjaan VR yang dapat Anda perhatikan:
  • Produser Konten
  • Penulis Konten AR dan VR
  • Manajemen Produk
  • Insinyur Perangkat Lunak
  • Desain UI dan UX
  • Kualitas asuransi

7. Komputasi Tepi

Edge computing adalah tren teknologi terbaru yang semakin terkenal dari hari ke hari. Teknologi ini didasarkan pada filosofi membawa daya komputasi sedekat mungkin dengan sumber data. Ini membantu dalam mengurangi bandwidth dan latensi.
Teknologi ini bertujuan untuk menjalankan lebih sedikit proses di cloud dan menggeser proses tersebut ke lokasi seperti sistem pengguna atau server edge. Menjembatani kesenjangan antara data dan komputasi ini mengurangi komunikasi jarak jauh antara server dan klien, yang pada gilirannya meningkatkan kecepatan proses. Inilah sebabnya mengapa komputasi tepi digunakan untuk menangani data sensitif waktu yang disimpan di lokasi terpencil yang memiliki konektivitas terbatas ke lokasi pusat. Teknologi tersebut akan membuat komputasi awan dan perangkat IoT menjadi lebih cepat. 
Diperkirakan pada tahun 2022, pasar komputasi tepi akan bernilai $ 7 miliar. Teknologi ini akan populer di berbagai bidang seperti perawatan kesehatan, ritel, dan manufaktur. Dengan demikian, akan membuka pintu banyak kesempatan kerja. Diharapkan kisaran gaji seorang profesional komputasi Edge akan menjadi sekitar $ 100.400 hingga $ 123.000 per tahun .

8. Aplikasi cerdas

Aplikasi cerdas adalah aplikasi perangkat lunak yang menggunakan komponen AI seperti pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, analitik data, robotika, dan pemrosesan bahasa alami. Mereka membantu Anda dalam membuat keputusan berdasarkan data real-time atau data historis.
Contoh aplikasi Cerdas adalah asisten suara seperti Siri, Asisten Google, dan Alexa . Karena perusahaan seperti Google, Apple, dan Oracle terus berinvestasi dalam aplikasi ini, pasti akan menciptakan banyak pekerjaan di masa depan. Pengembang aplikasi yang cerdas pasti akan membawa pulang gaji yang besar!

Kesimpulan

Kami harap Anda menyukai artikel teknologi ngetren  kami . Dalam industri TI yang sangat kompetitif ini, mendapatkan pekerjaan menjadi sulit. Tetapi, jika Anda terus meningkatkan keterampilan dan terus mempelajari alat-alat baru, Anda pasti akan meraih pekerjaan impian Anda. Anda dapat mencari lembaga yang menawarkan kursus pilihan Anda. Atau, cari kursus dan video online tentang teknologi terbaru yang ingin Anda pelajari. 
Lihat kursus upGrad tentang  Pembelajaran Mesin  Ilmu Data  Blockchain yang dirancang untuk para profesional yang bekerja. Dapatkan proyek-proyek praktis dan dapatkan bantuan pekerjaan dengan perusahaan-perusahaan ternama.

sumber : https://www.upgrad.com/blog/trending-technologies-in-2020/

TerPopuler